Semoga dengan media blog ini bisa saling berbagi informasi dan mudah-mudahan bisa bermanfaat buat semuanya.
"Khoirunnas Anfa'uhum Linnas", Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat buat manusia lainnya.

Hubungan Politik dengan Pendidikan

Minggu, 27 Januari 2013

hasil REwiew..
KONSEP DASAR POLITIK, KEKUASAAN, DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN
(PROSPEK KAJIAN POLITIK PENDIDIKAN)
Oleh: Arifin
Hubungan Politik dan Pendidikan.
Politik dan pendidikan memiliki keterkaitan yang sangat erat, sehingga pada setiap kajian mengenai pendidikan sudah pastinya unsur politik meliputi kajian tersebut. politik pendidikan menjadi panduan utama dalam perjalanan pendidikan kebangsaan. Dengan adanya politik penddikan yang jelas, maka konsep pendidikan yang akan dibentuk dan dicapaipun akan berada dalam bangunan konsep yang tepat, kuat, dan kokoh.
Menurut Benny Susetyo, politik pendidikan yang kerdil dan sempit, yang merupakan hasil reduksinisme, telah mengubur nilai hakiki politik pendidikan sejatinya. Dengan demikian kita memerlukan politik pendidikan yang terbuka dan mencerahkan yang dapat melahirkan tatanan pendidikan yang berkualitas, serta mampu merangkul segala kebutuhan masyarakat (masyarakat pendidikan), tanpa adanya deskriminasi, kastanisasi terhadap kebijakan pendidikan yang dihasilkan oleh pemerintah. Yang pasti politik pendidikan bertujuan untuk memperjelas arah kemajuan pendidikan demi pembangunan bangsa yang lebih baik baik ke depan.

Prospek Kajian Pendidikan
Dalam kontek ini, politik pendidikan nasional dimaksudkan sebagai pendekatan atau metode yang didasarkan pada kebudayaan bangsa Indonesia guna memengaruhi pihak-pihak tertentu dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Menurut Ki Supriyoko, ada lima definisi mengenai politik pendidikan. Pertama; politik pendidikan adalah metode memengaruhi pihak lain untuk mencapai tujuan pendidikan, Kedua; politik pendidikan lebih berorientasi pada bagaimana tujuan pendidikan dapat dicapai. Ketiga, politik pendidikan berbicara mengenai metode untuk mencapai tujuan pendidikan, misalnya anggaran pendidikan. Keempat, politik pendidikan berbicara mengenai sejauh mana pencapaian pendidikan sebagai pembentuk manusia Indonesia yang berkualitas, penyangga ekonomi nasional, pembentuk bangsa yang berkarakter, dsbnya.
Dengan demikian politik pendidikan dimaknai sebagai sebuah endapan politik negara, penjabaran dari tradisi bangsa dan nilai-nilai, serta sistem konsepsi rakyat mengenai bentuk negara dalam sistem pendidikan. Sehingga politik pendidikan terfokus pada kajian mengenai program-program kebijakan pendidikan yang dirancang oleh pemerintah sebagai upaya untuk memperbaiki pendidikan nasional.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Arifin Raleopaqi All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.