Semoga dengan media blog ini bisa saling berbagi informasi dan mudah-mudahan bisa bermanfaat buat semuanya.
"Khoirunnas Anfa'uhum Linnas", Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat buat manusia lainnya.

Refleksi

Minggu, 27 Januari 2013

perbedaan antara negara berkembang (miskin) dengan negara maju (kaya) tidak tergantung pd umur negara itu. Contohnya negara India dan Mesir yg umurnya lebih dari 2000 tahun tetapi tetap terbelakang (miskin)..
Disisi lain-Singapura, kanada, Australia dan New Zealand negara yg umurnya kurang dari 150 tahun dalam membangun, saat ini mereka adalah bagian dari negara maju di dinia dan penduduknya tidak lagi miskin.

ketersediaan sumber daya alam dari suatu negara jg tdak menjamin negara itu itu menjadi kaya atau miskin...lihat saya,,Negara Jepang mempunyai area yg sangat terbatas dataranya 80% berupa pegunungan dan tidak cukum untuk meningkatkan pertaniaan dan peternakan, tetapi saat ini Jepang menjadi raksasa ekonomi di dunia..

Swiss tidak mempunyai perkebunan cokelat, tetapi sebagai negara pembuat cokelat terbaik di dunia. hanya 11 % daratannya yg bisa di tanami. Swiss juga mengelola susu dengan kualitas terbaik (Nestele) adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia. Swiss juga tidak mempunyai cukup reputasi dalam keamanan integritas dan ketertiban, tetapi saai ini bank-bank di Swis menjadi bank yg sangat disukai di dunia..

Para eksekutif dari negara maju dan negara miskin ketika berkomunikasi akan spakat bahwa tidak ada perbedaan yg signifikan dalam hal kecerdasan, ras/warna kulit. para imigran yag dinyatakan pemalas di negaranya ternyata menjadi sumber daya yang sangat produktif di negara-negara maju di eropa..

:: lalu apa perbedaanya::

Perbedaannya adalah pada sikap atau perilaku masyarakat yg dibentuk sepanjag tahun melalui kebudayaan dan pendidikan. berdasarkan analisis atas perilaku masyarakat di negara maju, ternyata mayoritas penduduknya sehari-hari mengikuti atau mematuhi prinsip-prinsip dasar kehidupan sebagai berikut:
1. etika sbg prinsip dasar kehidupan sehari-hari
2. kejujuran dan integritas
3. bertanggungjawab
4. hormat pada aturan dan hukum
5. hormat pada hak orang lain
6. cinta pada pekerjaan
7. berusaha keras untuk menabung/investasi
8. mau bekerja keras
9. tepat waktu.

Dinegara miskin hanya sebagian kecil masyarakatnya yang menjalankan prinsip dasar tersebut..

kita bukan miskin karena kurang SDA atau karena alam kejam pada kita, kita miskin karena perilaku kita yg kurang " kita kekurangan kemauan untuk mematuhi dan mengajarkan prinsip-prinsp dasar kehidupan tersebut""

selamat..semoga!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Arifin Raleopaqi All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.